Mengintip Cara Renang Gaya Bebas

Masharis.id - Cara Renang Gaya Bebas. Berenang adalah salah satu alternatif olahraga air yang kini sering kali dilombakan. Untuk melakukannya membutuhkan teknik yang tidak sembarangan orang dapat menguasainya. Berenang juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Misalnya dapat melatih otot, menyehatkan jantung bahkan dapat menurunkan risiko diabetes.

Cara Renang Gaya Bebas

Apabila Anda adalah seoarang pemula, maka cobalah untuk melakukan renang gaya bebas dalam jarak dekat dengan jeda istirahat berkala. Dengan Anda menerapkan cara renang gaya bebas yang benar dan juga tepat, tidak hanya bermanfaat bagi otot dan pernapasan, tetapi juga membantu Anda agar cepat mahir dalam berenang. Ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan ketika berenang dengan gaya bebas, diantaranya adalah:

1. Ayunkan Tangan

Luruskan kedua tangan Anda dengan jarak sekitar 40cm dari kepala. Lebarkan sedikit jari saat tangan menyentuh air serta ikuti aliran pada permukaan air dengan menggunakan telapak tangan, kepala harus lurus dengan badan. Dahi dan wajah berada didalam air, sedangkan rambut dan juga puncak kepala ada dipermukaan air.

Berikut adalah cara untuk memulai melatih ayunan tangan saat melakukan renang gaya bebas :

  • Untuk langkah pertama bisa gerakkan tangan kanan Anda ke bawah dilanjut lagi ke belakang dengan posisi vertikal. Disaat yang bersamaan pula, usahakan siku serta lengan atas tangan kiri Anda tetap berada diatas permukaan air, lakukan pergerakan sedikit keluar.
  • Kemudian saat tangan kanan berada di air ayunkan ke arah badan. Lakukan gerakan seperti ini untuk mendorong badan Anda ke depan. 
  • Pada saat tangan kanan Anda akan berayun ke arah pinggang, miringkan badan terlebih dahulu agar tangan kanan dapat berayun tanpa terhalang oleh pinggang Anda sendiri.
  • Apabila tangan kanan Anda sudah berayun ke arah badan, angkat juga bagian siku tangan kanan Anda ke atas permukaan air hingga ujung siku dapat menuju arah atas. Usahakan tangan Anda harus rileks dengan jari-jari yang sedikit terbuka dan lakukan ayunan seperti ini dengan gerakan memutar.
  • Untuk melanjutkan gerakan renang bebas pada tangan kiri, cara berayunnya sama dengan cara berayun tangan yang sebelah kanan.

2. Gerakan Menendang dan Memutar Tubuh

Dalam melakukan gerakan dan memutar tubuh, hal itu akan memberikan energi agar tubuh dapat melaju dengan cepat ke depan. Gerakan menendang untuk mengikuti gerak tubuh harus fokus, karena apabila salah dalam gerakan menendang justru akan menyeret posisi tubuh dan mudah lelah.

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan :

  • Langkah pertama adalah menendang dengan kaki lurus. Gunakan pinggang dan paha bukan lutut untuk memperoleh banyak energi. 
  • Usahakan sebanyak tiga kali menendang setiap satu ayunan tangan.
  • Saat berenang, ujung-ujung jari kaki harus diluruskan.
  • Untuk renang gaya bebas, gunakanlah cara memiringkan badan ke kanan dan ke kiri sesuai ayunan tangan untuk memaksimalkan dorongan tubuh. Putar tubuh ke kanan pada saat tangan dan pundak kanan bergerak ke depan, begitu juga sebaliknya. Dan dalam memutar tubuh, gunakan dari pinggang bukan dari pundak.

3. Berlatih Bernapas

Cara dalam berlatih napas dalam melakukan renang gaya bebas harus disesuaikan dengan posisi tubuh. Pada saat tubuh sedang berputar, maka salah satu wajah harus terangkat ke permukaan air. Hal seperti ini merupakan kesempatan untuk menarik napas, dan baru menghembuskan napas kembali pada saat wajah menghadap air lagi.

Cara untuk berlatih napas adalah sebagai berikut :

  • Pada saat Anda memutarkan badan ke kanan dan ke kiri sekitar 30 derajat, maka tariklah napas secukupnya. Dan bila perlu saat wajah dipermukaan air, usahakan Anda selalu menarik napas.
  • Saat menarik napas jangan sampai mengangkat kepala, karena hal ini dapat mengacaukan keseimbangan renang gaya bebas.
  • Saat menarik napas pula, tubuh dan lengan dijaga agar tetap terbentang lurus.
  • Hembuskan napas lewat mulut pada saat wajah didalam air. Dan Anda harus menghembuskan napasnya secara maksimal agar saat menarik napas kembali dipermukaan air tidak ada waktu yang terbuang. 

Mengayunkan tangan, menendang dan berputar serta mengatur napas adalah cara renang gaya bebas yang sangat penting. Bagi Anda yang belum pernah dan ingin melakukannya, maka cobalah dilatih satu persatu terlebih dahulu. Apabila sudah bisa mempraktekkannya, lalu gabungkan ketiga-tiganya tersebut saat berenang. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, rajin-rajinlah berlatih agar Anda bisa dan terbiasa dengan sendirinya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan jazaakumullah biikhair :)

0 Response to "Mengintip Cara Renang Gaya Bebas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel